Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Bijak Pakai Kartu Kredit

 Tips Memakai Kartu Kredit




           Kartu kredit adalah pembayaran yg masih diminati dan masih jadi andalan sebagian banyak orang. Karena dengan kartu kredit semua pembayaran dan transaksi jadi lebih mudah. Tapi tahukah kamu banyak juga sebagian dari kita tidak tahu cara pemakaiannya dengan benar, biaya-biaya yg harus dibayar, hingga cara membayarnya. Ada beberapa tips yg mungkin bisa bermanfaat untuk kamu yg belum mempunyai kartu kredit atau yg sudah punya kartu kredit dan berikut ini adalah tipsnya :


  • Wajib Mempunyai Pendapatan


           Namanya saja kredit atau hutang yg berarti kalian harus wajib memiliki penghasilan atau gaji. Jika kalian bercita-cita mempunyai kartu kredit tapi tidak memiliki penghasilan sebaiknya lupakan saja karena nanti kalian akan kesulitan dalam membayarnya. Kartu kredit bukanlah uang gratis melainkan alat pengganti pembayaran yg dananya dipinjamkan oleh bank penerbit kartu kredit dahulu.

  • Tentukan Tujuan Atau Alasan Mengapa Kalian Harus Punya Kartu Kredit


           Jika kalian sekarang berprofesi seorang pengusaha atau wirausaha dan ingin mengembangkan usahanya, mungkin akan terbantu dengan kartu kredit. Tapi semisal tujuan kalian memiliki kartu kredit hanya untuk bergaya demi memenuhi lifestyle saja sebaiknya dipikir-pikir lagi. Jika memang butuh  dan ingin memliki kartu kredit untuk membeli barang dengan cicilan, maka gunakanlah dengan sebijak-bijaknya agar pemakaian kartu kredit kalian bisa terkontrol dan kalian tidak kesulitan dalam membayar tagihannya nanti.

  • Pemilihan Kartu Kredit Dan Jenisnya

          Pertama pilihlah kartu kredit yg memiliki biaya annual fee paling kecil dan kalau ada pilih yg gratis seumur hidup untuk annual feenya. Kedua pilihlah juga kartu kredit yg memberikan banyak cashback ketika kalian membeli barang secara online maupun offline. Ketiga pilihlah kartu kredit yg memberikan point dan reward yg paling banyak agar kalian bisa membeli sesuatu nanti bisa mendapatkan harga dibawah harga normal.

  • Untung Rugi Memiliki Kartu Kredit

           Untuk kerugiannya biasanya sering ditelepon dan ditawari pinjaman KTA dan asuransi. Kalian akan ditelepon berkali-kali dengan nomor yg berbeda. Abaikan saja jika memang tidak tertarik dengan penawaran tersebut karena ini sifatnya penawaran.

  • Kendalikan Nafsu Belanja


            Jangan tergiur promo gila-gilan yg ditawarkan oleh beberapa e-commerce khususnya di tanggal cantik semisal 1.1. Jika kalian memang tidak butuh barang tersebut, lebih baik tidak usah dibeli. Gunakanlah kartu kredit sesuai kebutuhan saja.

  • Jangan Pernah Gonta-ganti Nomor Handphone

 
           Fungsi nomor handphone disini adalah sebagai database yg terhubung dengan kartu kredit kalian selain itu juga berfungsi sebagai verifikasi kode OTP yaitu kode transaksi. Apabila nomor handphone kalian bermasalah atau handphone kalian hilang, disarankan untuk update nomor handphone terbaru ke bank penerbit kartu kredit kalian masing-masing agar tidak terjadi kendala di kemudian hari.

  •  Kartu Kredit Bisa Dijadikan Sebagai Dana Darurat


           Contohnya bisa kalian gunakan biaya rumah sakit yg mungkin tidak semuanya dicover oleh BPJS Kesehatan. Dengan kartu kredit mungkin bisa membantu menyelesaikan tagihan pembayarannya yg cukup besar kemudian jika dirasa tagihan nominalnya cukup besar dari rumah sakit, kalian bisa ubah tagihannya ke dalam cicilan.

  • Bisa Digunakan Bertransaksi Ke Luar Negeri


          Biasanya sebagian website e-commerce luar negeri mewajibkan seluruh pembayarannya memakai kartu kredit. Hal ini tentunya sangat membantu dan menguntungkan kalian jika kalian mempunyai kartu kredit. Jangan lupa perhitungkan biaya bea cukai dan hitung belanja maksimalnya.

  • Bisa Menjadi Penambah Modal Usaha


        Mungkin untuk kalian yg bekerja reseller toko online kartu kredit ini bisa membantu membackup dalam hal bayar membayar pesanan atau orderan ketika saldo tabungan kamu kurang untuk dibelanjakan.

  • Jangan Mau Rugi Pakai Kartu Kredit


         Gunakan belanja secara cicilan dengan bunga 0 %. Tujuannya agar cashflow kamu tetap aman dan uang yg seharusnya buat belanja dengan pembayaran full payment tadi, tapi karena pembeliannya dicicil jadi sisa uangnya bisa kamu putar lagi untuk modal usaha maka hal ini bisa menguntungkan banget buat kamu.

  • Hal Yang Harus Dihindari Dan Dilakukan Ketika Mempunyai Kartu Kredit


- Jangan sebar nomor kartu kredit, masa berlaku, dan kode CVV yg ada dibelakang kartu
- Backup data-data kartu kredit kalian agar sewaktu-waktu kartu kredit hilang kemudian kalian lapor ke customer service bank penerbit, maka kalian tidak usah lagi kebingungan untuk proses verifikasi data jika pihak bank menanyakan data-data pribadi pada kartu kredit kalian.

  • Ganti Tanggal Cetak Tagihan Dan Jatuh Tempo


           Jika kalian merasa tanggal cetak tagihan itu mepet dengan waktu gajian kalian, lapor dan minta perubahan tanggal cetak tagihan kepada bank penerbit kartu kredit kalian masing-masing.

  • Download Aplikasi Kartu Kredit Bank Penerbit


          Hal ini agar kamu mengetahui arus pemakaian kartu kredit sehingga kamu tidak terlalu pusing jika di akhir bulan pada saat jatuh tempo ada tagihan kartu kredit yg harus kalian bayar.

  • Selalu Membayar Full Tagihan Kartu Kredit

          Hindari untuk pembayaran minimum kartu kredit. Hal ini bertujuan agar kalian tidak terlalu berat dalam membayar tagihan berikutnya. Jadi usahakan setiap jatuh tempo pembayaran kalian harus full payment sesuai tagihan yg tercetak.


          Demikianlah informasi seputar cara bijak pakai kartu kredit. Semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Cara Bijak Pakai Kartu Kredit"