Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Jurus Jitu Mengelola Keuangan

 Tips Cara Mengatur Keungan Dengan Bijak




           Pengaturan keuangan yg baik menjadi sumber kebahagiaan dimasa depan. Berikut ini ada 7 cara yg bisa dilakukan untuk mengatur keuanganmu :


  • Buat Rincian Pengeluaran


          Buatlah pos-pos setiap bulannya agar dapat mudah ditelusuri kemana saja uang yg telah kamu gunakan. Misalnya buat pos untuk kebutuhan sehari-hari, belanja kebutuhan primer, melunasi hutang / cicilan, kebutuhan entertainment, dan lain-lain.


  • Menabung


          Bangun kebiasaan untuk menyisihkan pendapatan. Mulailah menabung dengan nominal kecil dahulu jika sudah tercipta kebiasaan menabung, maka aktivitas menabungpun tidak terasa berat lagi.


  • Mulai Berinvestasi


          Untuk mempersiapkan masa depan yg cerah, mengambil langkah untuk berinvestasi adalah keputusan yg tepat. Terdapat instrumen investasi yg kamu dapat gunakan diantaranya Saham, Obligasi, Emas, Reksadana, dan lain-lain.Untuk pemula disarankan memilih produk jenis investasi yg memiliki resiko yg rendah.


  • Lunasi Hutang Dan Cicilan Dengan Tepat Waktu


          Bagi kalian yg memiliki hutang / cicilan setiap bulannya semisal KPR, Kartu Kredit, Paylater lunasilah tepat waktu. Hal tersebut dilakukan agar kita tidak dikenakan bunga terlalu tinggi dan untuk menjaga skor kredit kita berada di status yg baik.

  • Siapkan Dana Darurat


          Dana darurat adalah dana yg dipersiapkan untuk mengantisipasi hal-hal yg tidak terduga dan mendesak. Misalnya terjadinya kecelakaan, sakit maupun kondisi saat tidak ada sumber penghasilan. Pisahkan rekening dengan rekening kebutuhan sehari-hari agar dana darurat tersebut tidak terpakai.

  • Bijak Gunakan Kartu Kredit


          Kartu kredit memang memudahkan kita dalam memiliki barang dengan cara cicilan setiap bulannya. Namun penggunaan kartu kredit juga harus dapat dikontrol sesuai dengan porsinya dan tidak terlalu digunakan untuk keperluan yg terlalu konsumtif.

  • Siapkan Dana Pensiun


          Masa pensiun adalah masa dimana kita tidak dituntut untuk mencari sumber penghasilan lagi, tetapi masa untuk menikmati masa tua. Kamu juga bisa menyesuaikan gaya hidup saat masa pensiun tiba selaras dengan kondisi dan kemampuan.


          Seperti itulah cara mengatur uang dengan baik yg bisa kalian lakukan. Memang dalam prosesnya tidak mudah. Namun tetaplah nikmati proses dan ingat tujuan akhir yg akan dicapai. Selalu semangat siapkan masa depan yg lebih baik.


          Demikianlah informasi seputar 7 Jurus Jitu Mengelola Keuangan. Semoga bermanfaat. Terima kasih



Post a Comment for "7 Jurus Jitu Mengelola Keuangan"