Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Pengajuan Pinjaman Online Langsung Cair Disetujui

 Tips Agar Pengajuan Pinjaman Cepat Disetujui



          Ada beberapa alasan mengapa pengajuan pinjaman kita sering ditolak atau belum disetujui oleh lembaga keuangan seperti bank, leasing, atau fintech. Berikut alasan pengajuan pinjamanmu ditolak atau tidak disetujui :


  • Data Yang Diberikan Tidak Lengkap Atau Palsu


          Biasanya, layanan pinjaman online akan meminta konsumennya untuk mengunggah dokumen yg asli seperti e-ktp, npwp, dan slip gaji. Tapi, jika kamu mengunggah dokumen yg palsu dapat dipastikan pengajuan pinjamanmu pasti DITOLAK. Solusinya cukup siapkan semua dokumen yg diminta dalam format foto atau scan. Perlu diingat, selalu gunakan dokumen yg asli karena sistem yg mereka pergunakan bisa mendeteksi dokumen yg kamu unggah memang asli atau kamu palsukan. Dan pastikan juga dokumen yg telah kamu unggah itu jelas dan tidak buram.


  • Data Riwayat Kredit Yang Buruk


          Riwayat kredit adalah rekam jejak pinjaman yg pernah kalian lakukan baik itu di bank atau penyedia pinjaman lainnya. Bagian ini sangat penting karena hampir 50% pinjaman ditolak diakibatkan nasabah memiliki riwayat history kredit yg buruk. Jika riwayat kredit sebelumnya kamu suka menunggak atau bahkan gagal bayar maka otomatis pengajuan pinjamanmu berikutnya akan ditolak atau tidak disetujui. Solusinya agar pengajuan pinjamanmu disetujui adalah maka sebelum mengajukan pinjaman pastikan kamu memiliki terlebih dahulu riwayat kredit yg baik. Salah satunya adalah dengan cara selalu tepat waktu ketika membayar hutang alias tidak pernah terlambat.


  • Tidak Memenuhi Persyaratan


           Umumnya persyaratan yg diminta adalah WNI, berusia 21 sampai 55 tahun, memiliki KTP, memiliki pekerjaan atau penghasilan. Jika kamu belum memenuhi persyaratan yg disebutkan tadi biasanya pengajuan pinjamanmu akan ditolak atau belum disetujui. Solusinya saat mengajukan pinjaman kamu harus melengkapi terlebih dahulu kriteria persyaratan yg diminta.


  • Domisili Area Diluar Jangkauan


          Umumnya tidak semua wilayah di Indonesia bisa dilayani oleh aplikasi pinjaman online. Jadi jika kamu sekarang berada di luar area jangkauan layanan, maka otomatis pengajuan pinjaman kamu akan ditolak. Solusinya pastikan terlebih dahulu domisili sekarang berada di area cakupan layanan yg dilayani oleh aplikasi tersebut.


  • Nomor Telepon Yang Tidak Bisa Dihubungi



          Penolakan pinjaman juga bisa terjadi karena nomor telepon yg kamu berikan saat pengisian data tidak bisa dihubungi. Biasanya penyedia layanan akan melakukan verifikasi melalui nomor telepon yg sudah kamu daftarkan di menu pengisian data. Solusinya pastikan kamu sudah benar memberikan nomor telepon yg masih aktif sehingga bisa dihubungi kapan saja.


  • Ajukan Pinjaman Sesuai Kemampuan



          Meskipun di beberapa aplikasi layanan pinjaman menawarkan pinjaman dengan jumlah yg sangat tinggi bukan berarti kamu bisa melakukan pinjaman setinggi-tingginya. Biasanya penyedia layanan pinjaman akan melakukan analisa terhadap kemampuanmu dalam membayar atau melunasi hutang pinjaman kamu. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi resiko gagal bayar dalam mengembalikan pinjaman. Jadi jika penghasilanmu masih kecil, tetapi kamu memaksakan pinjaman terlalu besar maka kemungkinan pengajuan pinjaman kamu akan ditolak atau tetap disetujui pengajuan pinjamanmu namun nominal yg disetujui akan jauh lebih kecil. Solusinya pastikan jumlah pinjaman yg sudah kamu ajukan sudah sesuai dengan kemampuanmu dalam membayar. Angka yg ideal untuk pinjaman adalah tidak boleh lebih dari 30 % dari jumlah penghasilan. Jika meminjam lebih dari 30% dari penghasilan, kamu sendirilah yg akan merasa kesusahan kedepannya dalam membayar angsuran cicilannya setiap bulannya. Dan tentunya kamu sendiri juga yg akan rugi jika sampai GAGAL BAYAR.


          Nah, itu dia beberapa alasan mengapa pengajuan pinjamanmu ditolak. Gunakan selalu dengan bijak uang pinjamanmu. Semoga bermanfaat


Post a Comment for "Cara Agar Pengajuan Pinjaman Online Langsung Cair Disetujui"