Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Kejahatan Digital Yang Saat Ini Perlu Diwaspadai

Macam-macam Kejahatan Digital



          Mungkin sebagian dari masyarakat umumnya sudah terbiasa dengan kejahatan kriminal yg biasa terjadi dijalan atau di rumah. Seperti perampokan, pencurian, bahkan terjadinya aksi pembegalan dijalanan. Tapi, banyak sebagian dari kita belum memiliki kewaspadaan yg tinggi dengan kejahatan di dunia digital. Padahal, faktanya kejahatan bisa dilakukan sekarang melalui HP atau internet jika kamu tidak berhati-hati. Berikut ini 4 kejatahan digital yg sering terjadi yg perlu kamu hindari dan waspadai :


  • Skimming

           Tindakan pengambilan data kartu debit dengan cara menyalin informasi yg terdapat pada strip magnetis secara ilegal atau tanpa izin.

  • Phising

          Tindakan meminta calon korban untuk mengungkapkan informasi pribadi akun keuangan dengan cara mengirimkan pesan penting palsu.

  • Social Engineering

          Tindakan memanipulasi mengontrol psikologis calon korban untuk mendapatkan data pribadi untuk membobol akun keuangan calon korban.

  • Packet Analyzer (PACKET SNIFFER)

          Sebuah modus baru yg dikenal dengan istilah sniffing dengan memanfaatkan aplikasi yg berfungsi untuk mendapatkan seluruh informasi seseorang dan meneruskannya tanpa sepengetahuan pengguna untuk mencuri data pengguna.


Semoga bermanfaat


Post a Comment for "4 Kejahatan Digital Yang Saat Ini Perlu Diwaspadai"